Senin, 09 Januari 2012

RPP MATEMATIKA KELAS V SEMESTER 2
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

KELAS  V
SEMESTER  2


           
    Mata Pelajaran : Matematika


Rencana Pelaksanaan Permbelajaran

Mata Pelajaran               : Matematika
Kelas/Semester              : V/ 2
Pertemuan Ke                 : 1
Alokasi Waktu                 : 2 x 35 Menit
Standar  Kompetensi                 :  Menggunakan Pecahan dalam pemecahan masalah

I.      Kompetensi Dasar                                       :  Mengubah pecahan kebentuk persen dan desimal serta sebaliknya
II.      Indikator                                                          : 
·         Menentukan persentase sederhana dari kuantitas atau banyak barang tertentu
·         Menentukan kuantitas atau banyak jika banyak benda dan persentase diketahui.
III.      Tujuan Pembelajaran                  : Melakukan dan menggunakan 0perasi hitung bilangan pecahan
IV.      Materi Ajar                                       : Operasi Hitung Pecahan
V.      Metode Pembelajaran                                 : Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori
VI.      Langkah-langkah Pembelajaran             :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
·         Menceritakan tentang kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan persen ( diskon harga dll). Siswa diminta menceritakan pengalaman pribadinya yang berhubungan dengan persen, diskusi kelas dengan membahas beberapa kasus sampai kesimpulan didapat.
Kegiatan Inti
·         Siswa diminta menceritakan pengalaman pribadinya yang berhubungan dengan persen, diskusi kelas dengan membahas beberapa kasus sampai kesimpulan didapat.
·         Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan rumus cara mencari persen dari kuantitas dan mencari kuantitas dari persen dari contoh-contoh yang telah diberikan oleh siswa.
·         Guru menguji keterampilan siswa dalam menentukan persen dan kuantitas dalam soal cerita maupun soal isian.
Kegiatan Akhir
Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
VII.      Alat/Bahan dan Sumber Belajar
q  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 M.Khafid, Sutati Erlangga.
q  Matematika SD untuk Kelas V Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 5 B Esis
q  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5 Munawati Fitriyah Widya Utama
VIII.      Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Isian
Instrumen
1.        Jumlah siswa kelas v adalah 40 orang. Sebanyak 15 orang adalah siswa laki-laki dan sisanya adalah perempuan. Berapa persenkah jumlah siswa laki-laki?
2.        Seorang pedagang buah mangga memiliki 60 kg mangga. Sebanyak 70 %nya telah terjual berapa kg buah mangga yang talah terjual itu?
3.        20 % dari 8000 adalah………………..
4.        35 % dari 10000 adalah……….







       ……………………,……….…………………200..
          Mengetahui                                                            
        Kepala Sekolah                                                 Guru Mata Pelajaran
                                                                                  Matematika




………………………………………….                                        ……………………………….…………….



Tidak ada komentar:

Posting Komentar